Apa Saja Faktor yang Menyebabkan Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya

Ada banyak faktor yang mempengaruhi anak kesulitan makan. Secara umum, kesulitan makan ini dikarenakan hilangnya nafsu makan, mungkin juga ada juga faktor-faktor lain seperti internal dan eksternal.

Oleh karena itu, orang tua seharusnya memiliki pengetahuan yang lebih luas terkait beberapa faktor tersebut. namun tidak perlu khawatir, kami sudah merangkumnya pada artikel ini. Jadi simak terus sampai akhir ya.

Faktor Apa Saja Yang Menyebabkan Anak Susah Makan?

Adapun faktor yang mempengaruhi secara internal yaitu gangguan pada gigi dan gangguan pada rongga mulut. Oleh karena itu segeralah periksa atau konsultasi kebidang terdekat bagaimana cara menatasi hal tersebut.

Kalau berbicara mengenai faktor eksternal, biasanya si kecil merasa tidak cocok dengan makanannnya. Sehingga ia menolak untuk memakan karena alasan perut masih kenyang. Cobalah untuk membuat makanan yang beragam untuk membuat nafsu makannya bertambah.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan?

Setelah mengetahui beberapa faktor tersebut, kini saatnya mengetahi bagaimana cara mengatasi anak yang susah makan? Pensaran bukan mari simak penjelasannya di bawah ini. Agar para orang tua bisa menerapkannya di rumah masing-masing.

  1. Hindarilah Cara Memaksa

Sebagai orang tua seringkali memaksakan kehendaknya sediri, apalagi jika anak memiliki nafsu makan yang kurang. Biarkan anak memilih porsi makannya sendiri, karena jika dipaksa mereka justru memuntahkannya dan tidak mau makan sama sekali.

  1. Hindari Melakukan Kegiatan yang Kurang Bermanfaat

Maksudnya dari menghindari kegiatan yang kurang bermanfaat ini saat jam makan tiba. Jangan biasakan anak untuk menonton TV atau bermain gadget ketika makan. Biasakan anak untuk fokus ke satu hal saja misalkan makan, agar naksu makannya juga bertambah.

  1. Hindari Mebelikan Jajan

Cobalah hindari memberikan jajan sebelum makan. Karena jajan yang mereka makan justru membuat perut merasa kenyang. Selain itu, usahakan tidak memberi jajan sembarangan. Selalu latih agar anak mengkonsumsi makanan yang sehat.

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, maka nutrisi yang masuk ke dalam juga seimbang. Selalu berikan pengarahan yang baik agar anak terbiasa dengan pola hidup sehat dan melatih anak untuk mengkonsumi makanan tersebut.

  1. Variasikan Menu

Jangan sekali-kali memberikan menu yang monoton, sebab anak lebih mudah bosan dari pada orang dewasa. Cobalah memberikan variasi menu yang beragam supaya menarik perhatian anak, agar nafsu makannya juga bertambah.

Mulailah menu yang berbeda setiap harinya, kalau bisa sertakan hiasan-hiasan kecil dari masakan yang kalian berikan kepada anak. Maka bisa dipastikan kalau anak yang melihat tersebut akan langsung memakannya secara lahap.

Pada akhirnya setiap karakteristik anak memang berbeda. Carilah formula sendiri untuk meningkatkan nafsu makan buah hati kalian. Namun cara di atas juga lumayan ampuh untuk mengatasi anak yang susah makan dan kehilangan selera makannya.

By Maitsa