gambar unggulan

Tanda Waqaf dalam Al Qur'an n Artinya yang Wajib Dipahami - Lifestyle  Fimela.com

Memahami bacaan dan huruf hijaiyah yang ada dalam bacaan alquran sepertinya memang hal yang wajar bagi umat muslim. Tapi tahukah anda ternyata saat membaca alquran kita tidak hanya cukup mengerti dan mengetahui setiap hurufnya saja. Tapi kita juga diharuskan untuk memahami setiap tanda bacaan yang ada dalam bacaan alquran tersebut, karena setiap tanda memiliki makna tersendiri.

Salah satu tanda bacaan yang harus dipahami dalam bacaan alquran adalah tanda Waqaf yang merupakan tanda apakah seseorang bisa melanjutkan bacaan ayat tersebut atau harus berhenti sejenak untuk mengambil nafas. Tanda waqaf sendiri ada 14 jenis yang semuanya memiliki arti yang berbeda – beda. Agar bacaan alquran kita lebih baik marilah kita sama – sama belajar mengenai penjelasan setiap tanda waqaf yang ada.

  1. Tanda La (لا)

Tanda waqaf laa washal ini menandakan bahwa kita tidak boleh berhenti saat sedang membaca alquran. Jadi jika ditengah ayat anda menemukan tanda (لا) itu tandanya anda tidak diperbolehkan berhenti di tengah – tengah bacaan. Tapi jika anda menemukan tanda (لا) di akhir bacaan atau akhir ayat anda diperbolehkan untuk menghentikan bacaan sementara dan menarik nafas.

  1. Tanda Mim ( مـ )

Tanda waqaf lazim atau mi mini menandakan bahwa saat sedang membaca sebuah ayat kita harus berhenti. Itu karena penggunaan tanda waqaf lazim ini menandakan sempurna atau tidaknya suatu kalimat didalam bacaan. Jadi kalimat sebelum dan setelahnya tidak perlu digabung bacaannya karena tidak memiliki hubungan.

  1. Tanda Sad (ص)

Tanda waqaf murakhas ini ayitu jika anda menemukan tanda (ص) didalam bacaan alquran anda. Jika anda menemukan tanda tersebut maka anda diharuskan melanjutkan bacaan tanpa berhenti.

  1. Tanda Sad Lam Ya (صلى)

Tanda waqaf waslu ula ini mengajurkan untuk anda lebih mengutamakan melanjutkan bacaan. Jadi jika anda menemukan tanda (صلى) maka anda diperbolehkan untuk berhenti maupun melanjutkan bacaan, hanya saja lebih diuatamakan untuk anda melanjutkan bacaan.

  1. Tanda Qaf (ق)

Tanda waqaf Qila ini yaitu jika anda menemukan tanda (ق) didalam bacaan alquran anda. Jika menemukan tanda tersebut maka diutamakan untuk tetap melanjutkan bacaan tersebut.

  1. Tanda Sad Lam  ( ﺼﻞ )

Tanda sad lam ini memiliki artian dimana kitab oleh melanjutkan bacaan ataupun boleh berhenti. Namun sebaiknya lebih diutamakan untuk berhenti jika menemukan tanda bac aini.

  1. Tanda Sin (س)

Tanda waqaf saktah ini yaitu jika anda menemukan tanda (س) didalam bacaan maka anda diharuskan untuk berhenti sejenak tanpa menarik nafas. Jadi jika menemukan tanda (س) anda hanya perlu berhenti sejenak sehingga memutus bacaan sebelumnya dengan bacaan yang selanjutnya.

  1. Tanda Jim (ج)

Tanda waqaf jaiz atau jika anda menemukan tanda (ج) dalam bacaan maka anda diperbolehkan untuk berhenti ataupun melanjutkan bacaan.

  1. Tanda Kaf ( ﻙ )

Tanda kaf ini memiliki artian makna serupa, jadi jika hukum bacaan jika anda menemukan tanda waqaf ini yaitu mengikuti tanda waqaf yang sebelumnya.

  1. Tanda Waqaf Waqfu Aula (قل)

Tanda waqaf waqfu aula ini yaitu jika anda menemukan tanda (قل) dalam bacaan alquran maka anda diutamakan untuk menghentikan sementara bacaan tersebut. Meskiboleh dilanjut tetapi lebih diutamakan jika anda berhenti jika menemukan bacaan tersebut.

By penulis