Screenshot 167

Perkerasan jalan aspal tersusun atas berbagai lapisan, termasuk lapisan permukaan (surface course). 

Ada dua lapisan permukaan yang umum digunakan di Indonesia. Lapisan non struktural yang berfungsi sebagai lapisan aus dan kedap air dan lapisan struktural yang berfungsi menahan beban dan menyebarkan nya.

Salah satu lapisan yang bersifat struktural adalah LAPEN.

 

Apa Itu LAPEN?

LAPEN merupakan singkatan dari Lapis Penetrasi Makadam. LAPEN merupakan lapis perkerasan yang tersusun atas agregat pokok, agregat pengunci, agregat penutup, dan aspal. Seluruh agregat ini memiliki gradasi yang seragam. Pemadatan dilakukan lapis demi lapis. Aspal berfungsi sebagai pengikat agregat-agregat dengan cara disemprotkan di atas lapisan. Pada bagian atas LAPEN ini umumnya diberi laburan aspal dengan agregat penutup.

LAPEN ini dapat diterapkan sebagai lapis permukaan, lapis pondasi, atau lapis perata jalan. LAPEN dapat digunakan untuk pelapisan ulang perkerasan lama. Contohnya, memperbaiki lubang atau jalan yang tergerus/turun (amblas).

Jadi, LAPEN merupakan salah satu jenis lapis perkerasan jalan aspal yang dikerjakan dengan sistem penyiraman. Hingga saat ini, LAPEN sudah banyak diterapkan di daerah-daerah dengan frekuensi lalu lintas rendah seperti perdesaan.

Agregat dalam LAPEN terdiri atas batu pecah, kerikil, pasir batu (sirtu), pasir, atau kombinasi bahan-bahan ini. Agregat didapat dari hasil alam maupun pengolahan (penyaringan, pemecahan), dan buatan.

 

Susunan Lapisan pada LAPEN

Lapis pertama pada LAPEN adalah agregat pokok. Agregat lapis pertama digelar dan dipadatkan di atas lapisan fondasi bawah atau perkerasan lama yang sebelumnya telah disiram dengan prime coat dan tack coat.

Lapis kedua adalah agregat pengunci. Agregat lapis kedua digelar dan dipadatkan di atas lapisan pokok yang sebelumnya telah disiram aspal lapis pertama.

Lapis ketiga adalah agregat penutup. Agregat lapis ketiga digelar dan dipadatkan di atas lapisan pengunci yang sebelumnya telah disiram aspal lapis kedua.

Sementara penggunaan aspal keras adalah yang memiliki penetrasi 80/100 atau 60/70, diperoleh dari hasil distilasi minyak bumi, dan diproduksi dengan metode yang sesuai.

 

Jasa Pengaspalan Terpercaya di Depok

Jadi, aspal seperti apa yang Anda butuhkan? Aspal seperti apa yang tepat bagi rencana perkerasan jalan Anda?

Anda tidak perlu bingung lagi menjawab pertanyaan ini. Bagi Anda yang berada di wilayah Depok dan sekitarnya, jasa pengaspalan Depok siap membantu Anda.

Apa pun masalah pengaspalan Anda dan area mana pun, baik jalan raya, parkiran, maupun perumahan, semua akan ditangani dengan baik. Anda bisa mengkonsultasikan masalah pengaspalan Anda dan memilih layanan pengaspalan sesuai kebutuhan. Berbekal tenaga ahli di bidangnya serta kapasitas mesin dan alat yang memenuhi standar, Anda akan mendapatkan layanan pengaspalan yang berkualitas.