onderdil mobil daihatsu

Cara Merawat Sparepart Mobil Daihatsu dengan Baik dan Benar

Daihatsu memiliki penggemar yang cukup banyak di Indonesia. Hal ini karena Daihatsu menargetkan konsumen kelas bawah hingga menengah. Tiap jenisnya memiliki spek dan harga masing yang ditentukan dari kualitas sparepart mobil Daihatsu itu sendiri.

Karena itu, Daihatsu berhasil menempati ranking dua selama beberapa tahun terakhir sebagai brand mobil dengan penjualan terbanyak di Indonesia. Beberapa tipe mobil yang populer yakni Hi Max, Xenia, Ayla, Gran Max, Luxio, Sirion, dan Terios.

Apapun tipe mobil Daihatsu yang anda miliki tentu kinerjanya akan menurun dan mudah rusak apabila tidak dibarengi dengan perawatan yang optimal. Oleh sebab itu, kali ini kami akan mengulas tentang berbagai cara merawat ONDERDIL MOBIL DAIHATSU yang dapat anda ikuti nantinya.

Tips Merawat Sparepart Mobil Daihatsu

Mari kita simak berbagai cara merawat sparepart mobil Daihatsu berikut ini:

1.      Panaskan Mobil Sebelum Digunakan

 

Memanaskan mesin mobil memang menjadi ritual wajib sebelum kendaraan digunakan. Namun, karena keadaan yang mendesak seperti saat buru-buru berangkat kerja menjadikan kita tidak sempat memanaskan mobil.

 

Pemanasan mesin berguna untuk membuat cairan pelumas membasahi setiap sudut mesin secara menyeluruh. Jika hal ini tidak dilakukan, tentu bisa membuat mesin macet karena gaya geseknya lebih besar dan apabila dilakukan berulang kali tentu membuat performa mesin cepat menurun.

 

2.      Ganti Oli Secara Teratur

 

Penggantian oli umumnya dilakukan antara rentang pemakaian 5 ribu hingga 10 ribu kilo meter. Semakin sering kendaraan digunakan, penggantian oli pun harus lebih cepat. Namun alangkah baiknya penggantian oli dilakukan dengan jarak 5 kilometer jika mobil anda sering terjebak kemacetan.

 

Peran oli terhadap mobil sangat penting. Diantaranya sebagai pelumas untuk mengurasi gesekan, peredam getaran yang dihasilkan mesin, pendingin mesin, dan sebagai pembersih dan antikarat. Oli yang sering terkena panas tentu akan menyusut dan berwarna keruh sehingga perlu diganti.

 

3.      Cuci Mobil Tiap Habis Kehujanan

 

Beberapa suku cadang mobil Daihatsu rentan terkena jamur apabila setelah terkena hujan tidak segera dicuci. Selain itu, air hujan mengandung asam yang dapat mengikis permukaan cat sehingga menjadi kusam, karat, dan luntur.

 

Karena itu, walau mobil Daihatsu anda tampak bersih karena habis terkena hujan, namun alangkah baiknya untuk segera mencucinya. Jika tidak punya banyak waktu, cukup guyur dengan air sumur saja, tidak perlu menggunakan sabun.

 

4.      Pastikan Air Radiator selalu Terisi Coolant

 

Coolant merupakan cairan yang berisi zat kimia yang menjadi air radiotor tetap dingin, awet, dan juga bersih. Sebelum anda bepergian, pastikan untuk mengecek apakah coolant masih terisi penuh atau tidak. Karena jika sampai kehabisan, tentu mesin akan overheat dan berisiko kebakaran.

 

Apabila anda sering memakai air wiper, pastikanlah tabung air wiper selalu terisi air bersih. Jadi alangkah baiknya siapkan cadangan air bersih dalam botol untuk mengisi air wiper.

 

5.      Periksa Tiap Komponen Secara Teratur

 

Untuk memeriksa komponen mobil, memang ini menjadi tugas mekanik bengkel. Jadi anda bisa membawanya ke bengkel resmi Daihatsu untuk memeriksakan kondisi sparepart mobil Daihatsu apakah dalam kondisi normal atau tidak.

 

Usahakan untuk melakukan service suku cadang ringan tiap 3 bulan sekali apabila mobil anda digunakan tiap hari. Selanjutnya untuk service berat bisa dilakukan antara 6 bulan hingga 1 tahun. Dengan ini, komponen mobil tidak mudah mengalami kerusakan.

 

Itulah berbagai alternatif cara merawat onderdil mobil Daihatsu yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat !

onderdil mobil daihatsu

By zayzee