gambar unggulan

Menjaga kadar gula darah agar tetap normal sangat penting untuk anda perhatikan, hal ini bertujuan supaya diabetes tidak mampir. Kadar gula darah biasa di gunakan untuk mengukur glukosa tinggi dan rendah dalam darah.

Gula darah yang normal sangat di butuhkan bagi tubuh sebagai sumber energi. Untuk mencapai kadar gula darah yang normal dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung serat, rendah karbohidrat dan rendah gula.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang gula darah normal. Ada beberapa tips untuk menjaga kadar gula darah tetap normal yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Tips Menjaga Kadar Gula Darah Normal

Minum air putih yang cukup

Jika anda ingin menurunkan kadar gula darah, Anda bisa mengkonsumsi air putih yang cukup, hindari minuman jus yang mengandung gula dan minuman beralkohol. Minum air putih delapan gelas sehari dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Pantau Gula Darah Dengan Hati-hati

Anda dapat menjaga kadar gula darah normal dengan memantau menggunakan monitor glukosa rumah dan memeriksanya tiga kali sehari, karena kadar gula darah setinggi 200 mg/dL sering tidak menimbulkan gejala, jadi penting bagi Anda untuk memeriksakan gula darah secara teratur. .

Kurangi Makanan Yang Mengandung Karbohidrat

Menurut beberapa peneliti, makanan yang mengandung karbohidrat rendah dan protein tinggi dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Karbohidrat dalam tubuh dapat dipecah menjadi gula, yang kemudian menjadi sumber energi. Namun, bagi sebagian penderita diabetes, makanan yang mengandung karbohidrat bisa meningkatkan kadar gula darah.

Makanan Dengan Indeks Glikemik Rendah

Indeks glikemik merupakan tolak ukur atau pemeringkatan berbagai makanan berdasarkan tingkat pengaruhnya terhadap peningkatan gula darah. Program diet dengan indeks glikemik rendah dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Makanan dengan indeks glikemik rendah adalah makanan dengan skor indeks glikemik di bawah 55, seperti biji-bijian, ubi jalar, susu rendah lemak, sayuran non-tepung, sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, daging dan ikan.

Mengkonsumsi banyak serat

Makan banyak makanan yang mengandung serat dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh, karena serat dapat memperlambat laju pemecahan karbohidrat dan menyerap gula yang dihasilkan.

Ada 2 jenis serat, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat larut adalah jenis serat yang paling membantu dalam mengontrol gula darah. Misalnya kacang merah, kacang hitam, pir, ubi jalar, alpukat, brokoli dan makanan lainnya.

Menjaga berat badan

Olahraga yang cukup dapat membantu seseorang mempertahanakn berat badan atau menurunkannya. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko terkena diabetes dan resistensi insulin yang lebih besar.

Grafik gula darah

Anda bisa mengecek kadar dula darah dengan mengece langsung ke dokter atau mengecek mandiri dengan menggunakan alat monitor glukosa.

Saat menjalani perawatan diabetes, grafik gula darah di gunakan untuk mengontrol gula darah agar lebih bisa tertarget proses penyembuhannya. Berikut beberapa target gula darah normal yang perlu Anda ketahui berdasarkan waktu pemeriksaan:

Sebelum makan

Kadar gula darah normal sebelum makan bagi penderita diabetes adalah kurang dari 100 mg/dL, sedangkan penderita diabetes ditargetkan pada 80 hingga 130 mg/dL.

Satu Sampai Dua Jam Setelah Makan

Kadar gula darah normal setelah 1 sampai 2 jam setelah makan bagi penderita diabetes adalah kurang dari 140 mg/dL, sedangkan penderita diabetes ditargetkan kurang dari 180 mg/dL.

Selama Periode 3 Bulan

Dalam jangka waktu 3 bulan, kadar glukosa darah juga bisa diperiksa dengan tes A1C. Kadar glukosa untuk orang tanpa diabetes adalah 5,7%, sedangkan untuk penderita diabetes targetnya kurang dari 180 mg/dL atau 7%.

Itulah beberapa tips menjaga kadar dan kadar gula darah tetap normal, berdasarkan waktu pemeriksaan yang perlu Anda ketahui. Gula darah rendah sering dialami oleh sebagian orang sebelum sarapan atau sebelum makan.

Sebaliknya, gula darah tertinggi sering dialami beberapa jam setelah makan. Jika Anda memiliki kadar glukosa dalam kisaran yang sangat rendah atau 50 hingga 90 dan di atas 160, segera hubungi dokter, agar dapat segera ditindaklanjuti.